Powered By Blogger

Sabtu, 11 September 2010

Tipe Kepribadian Tanda Hubung

Tipe Kepribadian Tanda Hubung (----------)
Pertimbangkanlah perhatian dan kesalahgunaan Anda sendiri.

Seberapa pedulikah Anda ?
Orang-orang yang bertipe kepribadian tanda hubung sangatlah memikirkan orang lain. Sepanjang waktu, mereka berusaha keras untuk tidak menyakiti perasan-perasaan orang lain. Mereka suka menjadi sahabat yang suka menghibur orang lain. Orang-orang yang bertipe tanda hubung itu bermurah hati dan suka memaafkan. Mereka suka mendahulukan orang-orang lain, dan mereka mengorbankan kepentingan-kepentingan pribadi mereka sendiri atau kesejahteraannya demi kepentingan atau kesejahteraan orang-orang lain. Orang yang bertipe tanda hubung suka menunjukkan rasa tertarik atau kepedulian terhadap kesukaan orang lain. Maka, orang-orang sungguh menghargai betapa besarnya pertolongan orang-orang seperti itu bagi mereka dan bagi kebutuhan-kebutuhan mereka. Mereka merupakan pertolongan yang besar sekali. Jika orang-orang bertipe tanda hubung ini tak bisa memperhatikan dn menolong orang-orang lain, hal ini malahan akan membuatnya gila. Orang-orang yang demikian ini selalu merasa bahwa mereka itu perlu bijaksana dan mencintai orang-orang lain. Mereka memiliki hati yang sangat simpatik. Karena orang-orang bertipe tanda hubung selalu memperhatikan perasaan-perasaan orang lain, mereka akan mencoba membuat orang lain juga memikirkan perasaan-perasaan orang lain lagi. Orang-orang yang bertipe tanda hubung memang sangat menimbulkan rasa sayang. Orang-orang nampaknya paling mencintai orang-orang yang bertipe tanda hubung ini.
Orang-orang yang bertipe tanda hubung percaya bahwa orang-orang besar memiliki hubungan yang penuh damai. Mereka merasa bahwa kedamaian itu lebih baik daripada perselisihan apa pun. Orang bertipe tanda hubung tidak akan menggoncang atau mengombang-ambingkan perahu. Selagi mereka berinteraksi dengan orang-orang lain, mereka tidak akan menyakiti perasaan-perasaan mereka. Sepanjang waktu, orang-orang bertipe tanda hubung akan berusaha menyelaraskan relasi mereka dengan orang lain. Mereka tidak akan menghilangkan relasi. Orang yang bertipe tanda hubung yakin bahwa orang-orang seharusnya jangan mengatakan sesuatu apa pun jika mereka tak bisa mengatakannya dengan cara yang halus. Bagi mereka nampaknya ganjil bilamana orang-orang lain mengatakan atau melakukan sesuatu tanpa mempedulikan akibatnya. Mereka yakin bahwa orang harus memikirkan orang lain.
Orang-orang yang bertipe tanda hubung tidaklah kritis terhadap orang lain. Mereka suka berjalan mengalir, berproses atau apa pun yang diputuskannya. Mereka mendukung orang-orang lain. Mereka ramah dan tak suka bertengkar.
Karena orang-orang bertipe tanda hubung suka menolong orang lain, mereka hampir selalu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan orang lain. Orang yang bertipe tanda hubung secara otomatis dan dengan segera memberi bantuan dengan penuh perhatian kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar mereka. Orang-orang telah memperhatikan bahwa mereka bisa mengharapkan orang-orang bertipe tanda hubung ketika mereka butuh pertolongan. Orang-orang bertipe tanda hubung selalu siap menjawab ”ya” kepada siapapun yang membutuhkan pertolongan. Oleh karena itu, orang-orang lain telah memperhatikan bahwa orang-orang bertanda hubung ini nampaknya suka menolong semua orang.

Seberapa salah gunakah Anda ?
Orang-orang yang bertipe tanda hubung sangat tertarik pada apa yang diyakini atau apa yang harus dikatakan oleh orang lain, akan tetapi mereka itu mengalami kesulitan untuk mengatakan kepada orang lain apa yang sebenarnya ia yakini atau yang mereka rasakan. Orang-orang yang bertipe tanda hubung dapat dengan mudah menyembunyikan keyakinan-keyakinan atau perasaan-perasaan mereka.
Orang-orang yang bertipe tanda hubung meras salah tingkah bilamana mereka memikirkan tentang menentang seseorang atau kalau-kalau melukai perasaan mereka. Ketika seseorang menghendaki mereka untuk berkonfrontasi dengan orang lain, orang yang bertipe tanda hubung merasa seperti menghadapi suatu dilema. Melawan orang lain akan membuat orang bertipe ini merasa frustrasi. Mereka itu paling jelek dalam melawan orang-orang lain. Orang bertipe tanda hubung merasa seperti seorang pesakitan bilamana mereka harus begitu terus terang sehingga mereka tak bisa berpikir.
Karena orang-orang yang bertipe tanda hubung itu tidak suka konfrontasi, bisa-bisa sikap itu menjadikan mereka meninggalkan semua hal tanpa terpecahkan dalam jangka waktu lama. Mereka nampak terlalu enak untuk tidak menyetujui atau menentang sesuatu.
Begitu mudahnya bagi orang-orang yang bertipe tanda hubung untuk mendukung orang lain dan damai dengan mereka, bahkan pada saat-saat di mana mereka itu seharusnya tidak begitu. Orang-orang bertipe tanda hubung bisa bertindak menuju ke pencapaian konsensus dalam kelompok, tetapi mereka bisa menolak untuk berpihak bahkan bilamana seharusnya mereka itu berpihak. Dalam konflik apa pun, konflik mereka sendiri, atau ketika dua orang lain sedang berkonflik, orang yang bertipe tanda hubung cenderung tidak berpihak karena mereka itu tak ingin mengecewakan siapapun. Maka mereka suka berkompromi dan cenderung mencari kompromi daripda mencari yang ideal.
Salah satu alasan utama bahwa orang yang bertipe tanda hubung itu tergelincir adalah karena mereka bisa lebih memikirkan kebutuhan-kebutuhan atau perasaan-perasaan orang lain ketimbang kebutuhan-kebutuhan atau perasaan-perasaan mereka sendiri. Mereka cenderung menjadi seorang yang yes man atau yes woman. Mereka bisa jadi orang yang suka menyenangkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar